MACAM-MACAM GAYA RENANG KELAS 5 SD

Macam-Macam Gaya Renang

1. Renang Gaya Bebas

Gaya bebas dilakukan dengan cara posisi badan bagian depan menempel pada permukaan air. Posisikan badan lurus, lalu gerakan tangan mengayuh kedepan dan kaki menendang-nendang air. Gaya renang ini merupakan gaya yang meniru perilaku hewan saat berenang. Contohnya saja anjing, kucing, kadal dan lainnya. Kalau diperhatikan dengan seksama, binatang-binatang tersebut menggerakan kaki dan tanganya secara simultan, dan itu juga yang dilakukan oleh manusia ketika berenang dengan gaya bebas.
Pernafasan pada renang gaya bebas dilakukan dengan cara menoleh ke kanan atau kiri ketika lengan berada di atas sebelum masuk ke air. Tentu ini berbeda dengan yang dilakukan oleh binatang. Binatang tidak memerlukan pengambilan nafas karena gaya berenang mereka memposisikan di luar air.

selain untuk kesehatan berenang juga bisa untuk olahraga macam macam gaya renang bebas 

2. Renang Gaya Dada / Katak

Sikap Tubuh Renang Gaya Dada

Ketika kedua lengan lurus di depan, sebagian besar dari kepala di bawah permukaan air, posisi bahu dan pinggul sedikit berada di permukaan air (streamline). Saat mengambil napas, kedua lengan melakukan rangkaian gerak mendayung keluar hingga kembali ke posisi istirahat untuk lurus di depan mengambil udara dari atas permukaan air cukup dengan mengangkat bagian kepala dengan leher.

Gerakan Kaki Renang Gaya Dada

Gerakan kaki pada gaya ini adalah gerakan kaki yang cenderung membentuk gerakan kaki katak, dimana pada saat istirahat, yaitu fase ketika kedua tungkai kaki bagian bawah ditarik serentak mendekati pinggul, kemudian pergelangan kedua kaki diputar mengarah ke luar sudut membentuk sudut 500, kemudian dari posisi ini kedua kaki melakukan gerak menginjak dan diakhiri dengan menendang sehingga kedua kaki bertemu lurus di belakang. Gerak ini sering disebut dengan istilah propeller, dimana pergelangan kaki dan tungkai kaki bagian bawah berfungsi sebagai alatnya.Gerakan kaki renang gaya dada
Beberapa bentuk latihan:
  1. Di tepi kolam renang memegang parit/tepi, dilakukan rangkaian gerak secara berjenjang.
  2. Bila menggunakan papan latihan sambil jalan di kolam dangkal.
  3. Tanpa menggunakan papan latihan, kedua lengan lurus di depan.
  4. Bisa diberikan dengan sikap telentang, lakukan rangkaian gerak kaki gaya dada.
 Pernapasan (Breathing) Pada Renang Gaya Dada
Bentuk-bentuk latihan:
  1. Di kolam dangkal: membelakangi dinding atau menghadap dinding kedua lengan dilipat di belakang punggung, lakukan irama mengambil napas dari permukaan air melalui mulut dengan sikap pandangan ke depan, dada sedikit diangkat, kemudian masukkan bagian muka ke permukaan air dengan menundukkan kepala. Buanglah sisa-sisa pembakaran di bawah permukaan air melalui hidung.
  2. Untuk memperoleh gerak pernapasan baik pada gaya dada, cukup dikombinasikan dengan kaki.

Koordinasi Renang Gaya Dada

Koordinasi renang gaya dada 
Koordinasi gerak antara kaki dengan napas dilakukan dengan dua cara, yaitu ada yang melakukan kendali pada kepala, dimana kepala diangkat, kedua kaki mengikuti dengan menarik ke arah pinggul dan kepala kembali masuk ke permukaan air, kedua kaki melalui sikap kedua pergelangan kaki mengarah keluar melakukan tendangan hingga berakhir lurus ke belakang pada praktik renang gaya dada.

3. Renang Gaya Punggung

macam macam gaya renang punggung ini digemari oleh dewasa dan anak-anak

 

Renang gaya punggung merupakan gaya renang paling unik diantara semua gaya. Karena dalam renang gaya punggung, yang menempel pada permukaan air bukanlah tubuh bagian depan melainkan tubuh bagian belakang (punggung).
Gaya punggung merupakan kebalikan dari gaya bebas. Renang gaya punggung dilakukan dengan cara mengayuhkan tangan ke belakang dan kaki menendang ke arah air.
Gaya renang ini lebih sulit dilakukan dibanding gaya bebas dan gaya dada. Kalau kamu menggunakan gaya ini, kamu harus hati-hati, sebab kamu tidak bisa melihat dinding kolam.

4. Renang Gaya Kupu-kupu

macam macam gaya renang kupu kupu merupakan gaya renang yang terinspirasi dari kupu kupu

 

Renang gaya kupu-kupu merupakan pengembangan dari renang gaya dada. Gaya ini adalah gaya renang tersulit. Sampai detik ini saya pun belum bisa melakukannya, tapi kalau atlet renang sih biasanya bisa menggunakan gaya ini.
Nama lain dari gaya kupu-kupu adalah gaya lumba-lumba. Disebut demikian karena perenang melompat seperti lumba-lumba ketika muncul di permukaan.
Renang gaya kupu-kupu dilakukan dengan cara mendorong tubuh ke atas dengan cepat menggunakan bantuan tangan. Gaya renang ini merupakan gaya renang tercepat bahkan melebihi cepatnya gaya bebas. Namun, untuk menggunakan gaya kupu-kupu membutuhkan lengan yang kuat.
Berenang tidaklah sulit, kalau kamu kesulitan untuk berenang, kamu bisa ikut kursus renang yang biasanya ada di tiap kolam renang. Kamu juga bisa menggunakan alat bantu berupa papan seluncur.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MARI BERKARYA SENI....!!!

GREEK YOGURT TINGGI PROTEIN, KENYANGNYA BERNUTRISI